FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Apa itu Krismapedia?

Krismapedia adalah media evangelisasi Komunitas Domus Cordis, yang mengajak remaja untuk menghayati rahmat Sakramen Krisma dalam perjumpaan dengan Kristus setiap hari, melalui pendalaman iman Katolik, serta hidup berkomunitas demi karya-karya kerasulan Gereja. Produk pertama Krismapedia telah hadir dalam bentuk materi persiapan penerimaan Sakramen Krisma. Materi persiapan penerimaan Sakramen Krisma oleh Krismapedia ini didukung dan direkomendasikan oleh Komisi Kateketik KWI, Komisi Kepemudaan KWI, dan Karya Misi Kepausan di Indonesia (Karya Kepausan Indonesia).

Apa itu komunitas Domus Cordis?

Domus Cordis adalah komunitas orang muda Katolik, dengan misi menginspirasi orang muda untuk mengubah dunia di dalam Kristus, satu langkah setiap saat, dimulai dari diri sendiri.

Apa yang bisa dilakukan dengan website Krismapedia ini?

Pengunjung bisa mendaftarkan diri, bertanya kepada kontributor Krismapedia mengenai iman Katolik, memperoleh informasi mengenai produk Krismapedia, dan melakukan pemesanan. Bagi peserta persiapan penerimaan Sakramen Krisma dan katekis, ada materi tambahan yang bisa diakses jika sudah mendapatkan akses khusus setelah membeli produk Krismapedia. Hubungi info@krismapedia.com untuk keterangan lebih lanjut mengenai akses khusus ini.

Siapa saja yang boleh mendaftarkan diri di website ini?

Semua orang tanpa terkecuali. Pendaftaran dibagi menjadi kategori (1) umum, (2) peserta persiapan penerimaan Sakramen Krisma, dan (3) katekis. Untuk mendaftarkan diri sebagai kategori umum, silakan masuk ke laman berikut. Mereka yang telah terdaftar dapat mengajukan pertanyaan di laman Tanya Jawab. Untuk mendaftar sebagaiĀ peserta persiapan penerimaan Sakramen Krisma dan katekis, silakan menghubungi tim Krismapedia di info@krismapedia.com.

Apakah materi Krismapedia dijual untuk umum?

Ya. Materi dari Krismapedia dapat dijadikan sebagai bahan referensi pendalaman katekese iman Katolik secara umum.

Pertanyaan Peserta Persiapan Penerimaan Sakramen Krisma

Apakah bisa mengikuti Krismapedia dalam bentuk online course untuk lulus Sakramen Krisma?

Setiap Sakramen harus diserahterimakan oleh Gereja. Krismapedia hanya sebagai sarana media evangelisasi Domus Cordis yang menyediakan modul materi persiapan Sakramen Krisma.

Apakah ini materi standar dalam kelas persiapan Sakramen Krisma? Kalau saya mengikuti kelas yang ada di Paroki dan materinya berbeda, lalu bagaimana?

Materi persiapan penerimaan Sakramen Krisma yang diterbitkan oleh Krismapedia dapat menjadi acuan umum. Jika materi yang diperoleh dari Paroki berbeda, materi dari Krismapedia dapat digunakan untuk memperkaya pengetahuan dan pemahamanmu.

Kalau sudah menerima Sakramen Krisma, apakah boleh membeli produk Krismapedia?

Boleh sekali šŸ˜Š Materi dari Krismapedia juga dapat dijadikan sebagai bahan referensi pengayaan/pendalaman katekese iman Katolik secara umum, bahkan setelah penerimaan Sakramen Krisma telah dilakukan (sebagai bahan Mistagogi).

Bolehkah membeli materi Krismapedia untuk peserta, tanpa membeli materi lainnya?

Untuk peserta persiapan penerimaan Sakramen Krisma atau khalayak umum yang hendak memperoleh referensi materi, disarankan membeli minimal Buku Peserta, dan DVD film katekese sebagai pelengkap.

Pertanyaan Katekis

Apakah materi Krismapedia ini diwajibkan dipakai setiap paroki di Indonesia atau hanya bahan pelengkap pengajaran?

Materi Krismapedia direkomendasikan untuk dipakai di setiap paroki di Indonesia, karena materinya dikemas secara khusus untuk bisa langsung digunakan oleh remaja dan para katekis, dengan konten yang relevan dengan hidup orang muda. Materi persiapan penerimaan Sakramen Krisma oleh Krismapedia ini didukung dan direkomendasikan oleh Komisi Kateketik KWI, Komisi Kepemudaan KWI, dan Karya Misi Kepausan di Indonesia (Karya Kepausan Indonesia).

Bagaimana dengan materi kelas persiapan Sakramen Krisma yang sudah ada?

Pemilihan bahan persiapan penerimaan Sakramen Krisma adalah kebijakan keuskupan/paroki lokal, apakah hendak menggunakan materi yang disediakan Krismapedia, atau dari materi lainnya.

Ada banyak topik dibahas di dalam Krismapedia, sementara jumlah pertemuan dalam persiapan penerimaan Sakramen Krisma di tempat kami tidak sebanyak itu. Bagaimana sebaiknya?

Krismapedia memahami keterbatasan jumlah pertemuan yang ada, sehingga untuk materi yang disediakan oleh Krismapedia, dari 24 bab yang berisi 53 topik, ada 3 bab yang menjadi materi wajib (rekap dari materi berakar, bertumbuh, dan berbuah), dan 21 bab lainnya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan paroki setempat.

Apakah materi Krismapedia ini juga merubah prosedur kelas persiapan penerimaaan Sakramen Krisma yang ada?

Krismapedia hanya menyediakan materi dan alat bantu proses persiapan penerimaan Sakramen Krisma. Materi dan alat bantu ini dapat digunakan oleh paroki maupun sekolah Katolik yang berpartisipasi dalam persiapan penerimaan Sakramen Krisma dalam naungan paroki lokal, sedangkan untuk prosedur persiapannya akan taat dan tunduk pada kebijakan paroki lokal.

Apakah harus membeli semua produk atau bisa salah satu saja atau semuanya?

Untuk peserta persiapan penerimaan Sakramen Krisma atau khalayak umum yang hendak memperoleh referensi materi, disarankan membeli minimal Buku Peserta, dan DVD film katekese sebagai tambahan. Katekis disarankan untuk membeli Buku Katekis dan DVD film katekese sebagai satu kesatuan.

Saya sudah membeli materi persiapan penerimaan Sakramen Krisma dari Krismapedia dan mau mendaftarkan diri saya sebagai katekis dan para peserta persiapan penerimaan Sakramen Krisma. Bagaimana cara memperoleh akses khusus untuk materi tambahan di Krismapedia?

Untuk katekis dan peserta persiapan penerimaan Sakramen Krisma, ada materi tambahan yang bisa diakses jika sudah mendapatkan akses khusus setelah membeli produk Krismapedia. Hubungi info@krismapedia.com untuk keterangan lebih lanjut mengenai akses khusus ini.

Apakah ada program training of trainers (TOT) untuk katekis?

Ya. Tim penyusun Krismapedia dari Domus Cordis memiliki materi tersendiri untuk program bagi katekis. Hubungi info@krismapedia.com untuk keterangan lebih lanjut mengenai program ini.

Pertanyaan Paroki

Apakah materi Krismapedia ini bisa diperbanyak dan diberikan kepada ketua-ketua lingkungan untuk disebarkan?

Seluruh proses penerbitan materi, pengelolaan website dan media sosial Krismapedia ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tim Krismapedia dari Domus Cordis sendiri masih akan meluncurkan seri katekese remaja lainnya sebagai materi pendalaman iman remaja lanjutan. Oleh karena itu, membeli materi Krismapedia menjadi salah satu bentuk dukungan dan kepedulian umat Allah kepada remaja Katolik di Indonesia. Jika ada kesulitan dalam hal biaya, tim Krismapedia siap bekerja sama dengan paroki, keuskupan lokal, bahkan lintas keuskupan untuk melakukan penggalangan dana yang dibutuhkan, agar proses katekese remaja ini dapat terwujud sesuai dengan yang dicita-citakan.

Apakah materi Krismapedia ini seperti kurikulum Pendidikan yang baru dan akan terus diperbaharui?

Krismapedia tidak akan hanya berhenti pada ā€œModul bahan persiapan sakramen Krismaā€, tetapi secara berkelanjutan akan mengeluarkan seri katekese remaja lainnya sesuai dengan yang diperlukan. Sebagai contoh, akan ada pembahasan yang lebih khusus perihal Sakramen, Liturgi Misa, Love/Sex/Dating, gambar diri, panggilan, dan sebagainya. Jika dirasakan ada hal baru yang dapat meningkatkan efektivitas dan relevansi materi terbitan sebelumnya, maka materi tersebut akan senantiasa dipantau untuk pertimbangan pembaharuan materinya.

Bitnami