Daftar PertanyaanCategory: Sakramen KrismaBagaimana peran orang tua dalam Sakramen Krisma?
Fajar MiwahaniFajar Miwahani asked 2 years ago

Kebanyakan orang tua dari peserta persiapan Sakramen Krisma memandang hal tersebut sebagai formalitas saja. Bagaimana katekese umat bisa menunjukkan arti Sakramen Krisma untuk penguatan iman anak?

1 Answers
Renaldo TasnoRenaldo Tasno answered 2 years ago

Halo, Bu Hani!
Dalam nasihat Apostolik Evangelii Nuntiandi, Paus Paulus VI mengatakan demikian:

“Manusia modern lebih rela mendengar para saksi dibandingkan para guru, dan apabila ia mendengarkan apa kata guru itu disebabkan karena guru itu adalah seorang saksi.”

Jika orang tua diharapkan bisa memandang Sakramen Penguatan (Krisma) bukan hanya sebagai formalitas, maka pertama-tama, orang tua harus menjadi saksi iman dari iman Katolik itu sendiri. Orang tua harus berakar, bertumbuh, dan berbuah di dalam Kristus Yesus agar bisa menjadi saksi Kristus, terutama di rumah bagi anak-anak mereka. Dengan cara ini, iman anak mulai berakar dan bertumbuh di dalam keluarganya sendiri, dengan kedua orang tuanya sendiri sebagai saksi iman.
Mungkin ada orang tua yang tidak tahu/mengerti bagaimana cara supaya bisa berakar, bertumbuh, dan berbuah di dalam Yesus Kristus, yang menyebabkan mereka sulit menjadi saksi Kristus yang efektif bagi anak-anak mereka. Dalam situasi ini, katekese umat sangatlah penting untuk membantu para orang tua dan anak-anak mereka.
Agar katekese umat bisa terjadi, dan terjadi dengan baik, para katekis di lingkungan/wilayah/paroki/keuskupan pun HARUSLAH seorang saksi Kristus yang bahagia, supaya Kabar Gembira Kristus bisa diwartakan dengan efektif.

Bitnami