Daftar PertanyaanCategory: Kitab SuciMengapa hanya Petrus, Yakobus, dan Yohanes?
Instagram KrismapediaInstagram Krismapedia asked 1 year ago

Min, mengapa dari semua rasul Yesus, hanya Petrus, Yakobus, dan Yohanes yang melihat-Nya dalam peristiwa-peristiwa penting?
(@anak_tuhan_taat)

1 Answers
Tano ShiraniTano Shirani answered 1 year ago

Halo, @anak_tuhan_taat
Menurut Lukas 5:1-11, Petrus, Yakobus, dan Yohanes, adalah tiga murid pertama yang bersama-sama telah langsung mengalami kuasa Yesus. Setelah semalaman tidak berhasil menangkap ikan, atas perintah Yesus mereka menebarkan jala sekali lagi dan menangkap banyak ikan. Jadi, mau tidak mau, ada ikatan emosional yang istimewa yang tidak dirasakan oleh para murid yang lain.
Selain itu, sangatlah wajar bahwa seorang pemimpin memiliki orang-orang tertentu di dekatnya yang bisa dipercayai. Petrus, Yakobus, dan Yohanes, adalah orang-orang yang mendapat kepercayaan istimewa dari Yesus. Mereka adalah inner circle (“lingkaran dalam”). Ironisnya, mereka ini justru tertidur ketika diminta untuk menemani Yesus berjaga dan berdoa di Taman Getsemani. Ini tidak berarti bahwa Yesus lebih mengasihi yang tiga ini, dan kurang mengasihi sembilan yang lain. Kasih Yesus terhadap Petrus, terhadap Yudas Iskariot, dan terhadap semua yang lain adalah sama.

Bitnami