Daftar PertanyaanCategory: Kitab SuciMengapa Yesus memilih orang biasa sebagai murid?
Tobias KusnamanTobias Kusnaman asked 2 years ago

Mengapa Yesus memilih murid-murid-Nya dari orang yang biasa saja? Bukan kaisar atau tokoh-tokoh lain yang sudah mempunyai kekuasaan dan pengaruh besar di dalam masyarakat, sehingga pengajaran lebih mudah diterima?

1 Answers
Tano ShiraniTano Shirani answered 2 years ago

Halo, Tobias!
Tidak ada informasi pasti tentang alasan Yesus memilih para murid-Nya. Kita bisa melihat sekurangnya tiga alasan: alasan realistis, alasan teologis, dan alasan spiritual.
Pertama, alasan realistis. Yesus mengawali karya-Nya di Galilea. Menurut ukuran sekarang, Galilea itu kampung nelayan yang terletak jauh dari pusat. Para petinggi dan tokoh-tokoh penting tidak hidup di tempat itu. Jadi, sangat realistis, bahwa murid yang dipilih Yesus adalah dari kalangan kelas bawah. Mungkin satu-satunya pengecualian adalah Matius (atau Lewi), si mantan pemungut cukai.
Kedua, alasan teologis. Yesus adalah Allah yang “mengosongkan diri” dan menjadi manusia. Ia sengaja memilih untuk masuk ke dunia ke tengah lapisan bawah dalam masyarakat. Memilih murid dari kalangan kelas atas akan langsung bertentangan dengan semangat “pengosongan diri” yang juga terus diajarkan-Nya kepada para pengikut-Nya.
Ketiga, alasan spiritual. Menurut Lukas 6:12-16, Yesus berdoa sepanjang malam sebelum menentukan dua belas orang untuk menjadi rasul-Nya. Jadi, Yesus menaati hasil pertimbangan batin yang telah mendapat peneguhan dalam doa. Dengan memilih murid dari kalangan yang tidak punya kuasa, akan lebih terlihat bahwa mereka sepenuhnya mengandalkan kekuatan Allah.

Bitnami