Daftar PertanyaanCategory: Campur SariMengenai iman Katolik dan pacaran beda agama
Ave airizaAve airiza asked 2 years ago

Jika ada remaja yang berpacaran beda agama, apakah hal itu termasuk perbuatan dosa? Bagaimana kita menyikapi pacaran beda agama?

Lalu, bagaimana cara agar remaja Katolik di kota metropolitan seperti Jakarta dapat menumbuhkembangkan iman di tengah kota yang hingar bingar dan penuh dengan gemerlap malam? Terima kasih.

2 Answers
AdministratorAdministrator answered 2 years ago

Halo, Ave!

Keputusan pacaran beda agama sih ngga dosa, tetapi pilihan-pilihan yang dibuat akibat perbedaan pandangan/prinsip itu yang bisa berpotensi dosa.
Kalau mau ngomong dosa, nggak harus beda agama, semua juga bisa punya potensi dosa.

Bagaimana kita menyikapi pacaran beda agama? Setiap orang punya prinsip dan prioritas hidupnya masing-masing. Keputusan dengan siapa seseorang akan pacaran sebenarnya akan sangat ditentukan pada bagaimana seseorang menghayati kehidupan imannya dan keluarga seperti apa yang ia inginkan di masa depannya. Misalnya, kalau ia merasa nilai “dapat berdoa bersama dan saling mendukung dalam doa” tidak terlalu penting dalam hidupnya, maka kita bisa mengerti mengapa seseorang tidak bermasalah dengan pacaran beda agama.

Lalu, bagaimana cara agar remaja Katolik di kota metropolitan seperti Jakarta dapat menumbuhkembangkan iman di tengah kota yang hingar bingar dan penuh dengan gemerlap malam?
Pertama, kita perlu menyadari bahwa semua pilihan hidup kita mengarahkan kita kepada keputusan kita akan masa depan kita. Apa yang kita baca, dengar, lakukan, putuskan pasti akan membawa konsekuensi/dampak dalam kehidupan kita di masa depan. Maka, yang kedua, buatlah pilihan secara sadar, untuk memilih hal-hal yang dapat menumbuhkembangkan imanmu: bacaan, lagu/musik, dan lingkungan. Ketiga, belajarlah untuk berbagi diri untuk melayani Tuhan. Bantulah kegiatan di paroki, misalnya dalam kegiatan putra/i altar; bisa juga bergabung dalam kelompok/komunitas, bukan cuma jadi anggota pasif, tetapi siap untuk memberikan diri dan melayani sesama.
Terima kasih.

Ria SugembongRia Sugembong answered 2 years ago

Kalau mau dengerin dari Father Mike Smith dari Ascension Presents, bagus banget: https://www.youtube.com/watch?v=hGd4lefcsBE
Ini bukan pertanyaan dosa atau tidak dosa tetapi pertanyaan mengenai kebijaksanaan.

Bitnami