Daftar PertanyaanCategory: Kitab SuciMengapa Yesus memilih Yudas sebagai murid kalau tahu Yudas akan mengkhianati-Nya?
Ria SugembongRia Sugembong asked 1 year ago

Mengapa Yesus memilih Yudas sebagai murid-Nya, walaupun Yesus tahu kalau Yudas akan mengkhianati-Nya, dan kemudian menyesal putus asa, dan akhirnya bunuh diri?
Apa yang akan terjadi jika Yudas memilih untuk sadar, bertobat, dan tidak menyerahkan Yesus untuk disalibkan? Apakah Yesus akan tetap disalibkan?

1 Answers
AdministratorAdministrator answered 1 year ago

Halo, Ria!
Memang di dalam Yohanes 13:11 dikatakan “sebab Ia tahu, siapa yang akan menyerahkan Dia.” Namun, dari sisi telaah Kitab Suci, hal ini merupakan catatan dari Penginjil.
Mengenai sejarah keselamatan, hal ini adalah misteri yang sulit diketahui dengan pasti. Merefleksikan diri dari kisah Yudas, kita juga bisa melihat bahwa kita juga dipanggil untuk menjadi murid Kristus dan seringkali kita mengkhianati-Nya dengan dosa-dosa kita. Yesus sudah mengetahui dosa-dosa yang akan kita lakukan, saat-saat ketika kita memilih untuk mengkhianati Dia, tetapi Ia tetap memanggil kita.
Yang bisa kita pastikan adalah bahwa kerahiman Yesus tersedia juga bagi Yudas, sama seperti yang Ia sediakan bagi kita, tetapi sangat disayangkan karena keputusasaannya, Yudas memilih untuk bunuh diri; dan bahwa kematian-Nya tetap akan terjadi walaupun tanpa Yudas, karena cara Allah menyelamatkan manusia adalah dengan menanggung dosa seluruh manusia. 
Semoga membantu.

Bitnami