#TanyaKrismapedia

Dalam Gereja Katolik, dasar dari Kepausan itu berakar dari peristiwa yang tercatat di Matius 16:13-20, yaitu saat Kristus sendiri yang menunjuk Petrus untuk menggembalakan Gereja-Nya. Kristus mendirikan Gereja-Nya di atas Petrus (batu karang) dan memberinya otoritas memimpin dan mengajarkan kebenaran Tuhan Yesus pada umat.

“Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” Matius 16:18-19

Kalau diperhatikan dalam Perjanjian Baru, Petrus memiliki banyak peran penting yang menunjukkan keistimewaan panggilannya itu. Kita bisa baca bahwa Petrus selalu disebut pertama kali (Mat. 10:1-4; Mrk. 3:16-19; Luk. 6:14-16; Kis. 1:13), dia disebutkan sering berbicara untuk semua rasul lain (Mat. 18:21; Mrk. 8:28; Luk. 12:41; Yoh. 6:69).

Saat Tuhan Yesus memilih inner circle untuk peristiwa yang spesial, Petrus selalu jadi di posisi pertama. Bahkan, Tuhan Yesus dengan segaja memilih perahu St. Petrus untuk mengajar! Banyak lagi kisah tentangnya yang menunjukkan otoritasnya dalam menggembalakan Gereja Perdana di Kisah Para Rasul.

Sebagai umat Katolik, kita percaya otoritas St. Petrus itu tidak berhenti saat ia meninggal, namun tahtanya itu diturunkan ke penerusnya. Sebagai contoh Ädversus haereses” yang ditulis St. Iranaeus (tahun 202) menggambarkan Gereja Roma didirikan oleh St. Petrus dan St. Paulus, dan bagaimana St. Petrus meneruskan tahta kepausannya ke Linus, Anakletus, dst.

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top