#TanyaKrismapedia

Dalam discerment, tips praktis dari St. Ignatius dari Loyola adalah memperhatikan gerak-gerik batin kita yang terdalam. Perasaan apa yang bergerak di dalam hatimu. Perasaan yang kita lihat bukan perasaan di permukaan tp sungguh di dalam. Pada akhirnya, panggilan Tuhan akan membawa kita pada apa yang membuat kita sungguh bahagia di dalam. Ada kedamaian dan ras utuh. Kamu bisa coba metode Attraction of the Heart dan Calm Deliberation.

“Attraction of the Heart” = memperhatikan tarik menarik dalam hatimu. Mana pilihan yang membuatmu merasa sungguh damai, yakin dengan penuh sukacita, dan merasa aman karena dicintai oleh Tuhan. Berdoalah examen tiap hari supaya jadi semakin paham perasaanku yg terdalam itu apa sebenarnya.

“Calm Deliberation” = melakukan pertimbangan di hati yang tenang. (Jadi di sini perlu hati yang netral yg ga memihak pilihan manapun, miliki sikap hati yang lepas bebas, mau dibawa kemana aja aku akan nurut). Lalu kamu bisa kumpulin info sebanyak2nya tentang kedua pilihan itu. Banyak ngobrol sama org yg menikah dengan happy, dan org yg selibat happy. Setelah info cukup, coba bikin data di tabel pilihan A dan B, “mana yang LEBIH BANYAK MEMULIAKAN TUHAN”, bukan bikin data “mana yag lebih menguntungkan buat aku”ya. Baru setelah kamu yakin dan damai dalam perasaanmu, kamu bisa ambil keputusannya sambil percaya bahwa Tuhan menyertai proses ini semua.

Saat kamu discern, bisa aja kamu akan menemukan banyak kelekatan dalam dirimu, mintalah rahmat Tuhan buat membantumu melepaskan kelekatan2 yang bukan dari Dia.

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top