#TanyaKrismapedia

“Perlu cek dulu kenapa imanmu “”kering””.

Basically ada 3 hal yang kemungkinan menyebabkan kamu merasa “”goyah”” atau “”kering””(desolasi)

1. Kita sendiri ngga commit dalam membangun iman atau hidup rohani kita (spiritual lethargy). Mungkin kita abai dalam doa, kita ngga baca Kitab Suci lagi, kita uda lama ngaku dosa, kita ngga aktif melayani dalam komunitas, dsb. Kalau ini penyebabnya, yang perlu kamu lakukan adalah mulai kembali bikin komitmen baru agar hidup rohanimu jadi lebih hidup, minta pada Tuhan untuk beri rahmat dalam melakukan komitmen itu.

2. Tuhan mau menyucikan kita. Ada kalanya, iman yang goyah adalah waktu dimana Tuhan mau melihat kesungguhan kita.

3. Tuhan mau mengajarkan pada kita kerendahan hati. Dalam situasi “”kering””ini kita jadi semakin sadar bahwa kita butuh rahmat Tuhan banget.

Ada 6 hal yang bisa dilakukan selagi merasa desolasi:
1. Ngomong sama Tuhan apa perasaanmu dan minta bantuan-Nya.
2. Cari teman-teman seiman, ajak hangout dan ngobrol2 sama mereka supaya dapat menguatkanmu.
3. Jangan bikin keputusan baru di saat hatimu lagi kering / membatalkan keputusan yang kamu buat pada saat hatimu berbunga2. Pada saat iman goyah begini, bisa aja kita kemudian bilang “”ah ga bisa deh doa 1 jam tiap hari””(padahal pas hati berbunga2 kita merasa kita perlu doa 1 jam setiap hari). Atau “”ah udahlah aku keluar aja dari komiunitas, soalnya imanku lagi goyah juga nih
4. Stand still. Bersabarlah dalam iman dan pengharapan.
5. Ingat2 momen saat hatimu berbunga2, saat imanmu begitu kuat, “”Dulu aku pernah mengalami ini, dan aku merasa Tuhan mencintai aku banget.
6. Lihat orang sekitarmu, siapa tahu mereka membtuhukan bantuanmu. Kita ngga lagi mikirin diri sendiri dan mengarahkan perhatian kita buat orang lain.”

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top