#TanyaKrismapedia

Kita sering dengar istilah “anak indigo”. Istilah ini sebenarnya berasal dari konsep pseudosains (ilmu semu) New Age, yang menggambarkan “anak indigo” sebagai anak-anak yang punya kemampuan spesial dan unik, termasuk kemampuan supernatural. Istilah “indigo” dikatakan bahwa anak indigo punya aura berwarna keunguan. Paham ini juga bilang bahwa anak-anak indigo punya kepekaan terhadap dunia spiritual.

Paham New Age sendiri tidak sesuai dengan iman Katolik karena mengajarkan praktik spiritualitas tanpa batasan/dogma. Maka umat Katolik dianjurkan untuk berhati-hati dan tidak mudah terpengaruh mengikuti aliran-aliran semacam ini. Kata “indigo” yang berasal dari pseudosains juga menunjukkan bahwa “sains”yang mereka anut tidak mengikuti metode sains yang umum (tidak ada bukti penelitian yang memadai). Maka teori-teori “anak indigo” ini sebenarnya juga tidak bisa dijadikan patokan yang pasti.

Jd “indigo” dr segi teori memang blm jelas itu apa. Tapi, yang pasti Gereja Katolik mengajarkan bahwa:
1. Anak-anak itu dicintai Tuhan.
2. Apa pun pengetahuan / kemampuan supernatural yg dimiliki oleh seseorang tetap hrs ditempatkan dlm konteks kerahiman Allah yang mencintai semua manusia.
3. Jangan sampai pengetahuan adikodrati dimutlakkan sbg pewahyuan kehendak Allah. Kita dianjurkan untuk tidak mentah-mentah percaya pada pengetahuan2 supernatural.

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top