#TanyaKrismapedia

Di PL, ada larangan untuk mendapat laba bila meminjamkan sesuatu, khususnya ke sesama bangsa Israel. “Dari orang asing boleh engkau memungut bunga, tetapi dari saudaramu janganlah engkau memungut bunga – supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala usahamu di negeri yang engkau masuki untuk mendudukinya.” (lih. Ul 23:20), karena memang ada resiko untuk meminjamkan sesuatu kepada orang asing.

Di PB Yesus memperbaharui hukum dengan menekankan kasih dan keadilan. Dikatakan “Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.” (Mt 5:42).

Yesus sendiri tidak melarang untuk menarik laba dari pinjaman uang, seperti yang terlihat dari perumpamaan talenta, dimana dikatakan “Karena itu sudahlah seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya.

Mungkin dua hal di atas terlihat bertentangan. Namun, kalau kita harus mengingat bahwa pada jaman dulu, uang tidaklah memberikan suatu hasil kalau tidak dijalankan. Namun, pada jaman sekarang, uang dapat memberikan hasil, karena uang dapat dibungakan atau diinvestasikan. Dengan demikian, meminjamkan uang dengan “bunga yang pantas” bukanlah tindakan yang tidak adil. Namun, kalau kita memberikan pinjaman dengan bunga yang terlalu tinggi, maka kita telah berdosa melawan keadilan.

Bedakan antara investasi dengan menolong orang. Sesuaikan dengan tujuan peminjam…

Misal minjem utk bisnis bolehlah dikenakan bunga (investasi). Tp klo minjem utk pengobatan org sakit, ya yg minjemin hrsnya ikhlas tanpa bungs, bahkan siap pokoknya gak balik (nolong orang)

Lebih lengkap dapat kamu baca di:

http://www.katolisitas.org/bolehkan-menarik-bunga-dari-peminjaman-uang/ @katolisitasorg

http://www.newadvent.org/cathen/08077a.htm

http://www.newadvent.org/cathen/15235c.htm

 

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top