#TanyaKrismapedia

Apa alasannya tidak ke Gereja? Bagi kita orang Katolik, Misa Minggu adalah kewajiban yang sangat minimal buat ketemu sama Tuhan dalam Ekaristi. Dari seminggu, bukankah Gereja cuma mewajibkan 1 hari? (itupun hanya 1-1,5 jam).. Kalau kita ngga Misa tanpa alasan yang jelas (artinya memang tidak memungkinkan kita ke Gereja, mungkin karena kita membantu seseorang yang sakit parah, atau karena kita sakit parah, dsb), kita mesti sadar bahwa kita udah melanggar salah satu Perintah-Nya: “Kuduskanlah hari Tuhan”. Dalam hal ini, artinya memang kita perlu mengaku dosa dulu nih, biar berdamai dengan Tuhan dan seluruh Gereja.

Penting sekali untuk disadari bahwa kita Misa ke Gereja bukan cuma untuk memenuhi kewajiban aja, tapi karena kita mau ambil bagian dalam Kurban Syukur bersama kesatuan dengan seluruh Gereja. Tuhan sudah mencintai kita sepenuhnya, sampai wafat di salib buat dosa kita. Datang menyembah-Nya dalam Misa adalah bentuk ungkapan syukur dan penyembahan kita ke Tuhan.

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top