#TanyaKrismapedia

Gereja sejak konsili vatikan II membuka diri dengan perkembangan dunia salahsatunya termasuk gerakan karismatik, gerakan ini diakui oleh Pope John Paul II dan dikembangkan pada masa Paus Emeritus Benedictus XVI sampai sekarang, selama suatu gerakan itu tumbuh dengan maksud dan tujuan yg baik, memperkaya iman dan memuliakan Tuhan, itu diterima, dan jika Tuhan menghendaki hal tersebut, itu akan tumbuh dengan sendirinya, tetapi kita juga perlu dengan hati2 dalam menghayatinya, jangan sampai iman kita kepada Yesus teralihkan oleh berbagai hal yg kita kira adalah perbuatan manusia.

Gerakan Pembaruan Karismatik Katolik adalah gerakan awam yang diakui oleh Gereja Katolik sejak Konsili Vatikan II.

Retret mahasiswa Katolik di Duquesne, AS pada tahun 1967 sering dipandang sebagai awal dari Pembaruan Karismatik Katolik, padahal sebenarnya ia hanya salah satu dari rangkaian peristiwa yang terjadi. Di saat sebelum itu, Gereja Katolik sedang intens terpanggil buat menanggspi Roh Kudus. Paus Yohanes XXIII kala itu mengajak Gereja buat terus berdoa Novena Roh Kudus dan membaca Kisah Para Rasul. “Baca ulang, dan doakan terus-menerus kisah hidup Para Rasul dalam Kisah Para Rasul ini.” Jadi sepanjang tahun 1959 – 1960 seluruh Gereja Katolik mendoakan doa ini karena rindu ingin mengalami mukjizat Pentakosta. Pada 1967, terjadilah mukjizat Roh Kudus ini yaitu di retret mahasiswa Duquesne seperti peristiwa Pentakosta itu, dan sejak itu gerakan Pembaruan Karismatik Katolik tersebar di seluruh dunia.

Karismatik timbul pada kaum awam mahasiswa di Amerika dimana mereka rindu utk memperdalam pembaruan dalam kuasa Roh Kudus.. bahasa roh sudah ada sejak kita mmg sudah d baptis pertama kali, tapi dari kita saja yg tidak menyadari pribadi akan Allah Roh Kudus, sehingga d anggap tabu karismatik dan bahasa roh.

Sebagai salah satu jalan untuk lebih mengenal Tuhan lewat karunia2 Roh Kudus yaitu lewat pujian penyembahan.

Karismatik berasal dari kata “karisma” yang berarti karunia2 Roh Kudus. Semua pengikut Kristus dipanggil untuk terbuka pada tuntunan dan karunia2 Roh Kudus untuk membangun umat Allah.

Gerakan Pembaruan Karismatik Katolik adalah sebuah gerakan awam yang diakui oleh Gereja Katolik, yang bertujuan mengajak seluruh pengikut Kristus untuk terbuka pada tuntunan dan karunia2 Roh Kudus ini.

Tujuannya: pengudusan dunia ini di dalam Kristus.

Gerakan Karismatik seberapapun menyentuhnya tetapi tidak menggantikan posisi Misa Ekaristi, yaitu yang menjadi pusat dan puncak penyembahan tertinggi bagi orang Katolik.

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top