#TanyaKrismapedia

Semua umat Kristiani di dunia ini tahu dan sepakat banget bahwa tanda SALIB adalah tanda yang khusus dan unik untuk menunjukkan identitas Kristen mereka. Kita semua pengikut Kristus, dan dapat dikenali dari tanda yang unik ini: SALIB. Makanya, di sampul Alkitab, di gedung gereja, di kaos-kaos, di sticker mobil, atau wallpaper gadget dari orang yang begitu bangga atas identitasnya sebagai seorang Kristiani ada tanda salibnya! Lalu, kenapa bikin tanda salib jadi aneh dan harus malu?

Tanda salib itu berakar kuat dari kenyataan Injil, bahwa dengan salib-Nya, Kristus telah menebus dunia. Saat kita membuat tanda salib, kita menyatakan iman kita pada orang yang melihatnya. Dengan membuat tanda salib, kamu seakan sedang meneriakkan imanmu “Saya percaya pada Tuhan Yesus yang sudah menebus dosa saya.” Bukankah itu memang apa yang jadi tugas kita? Mewartakan Kristus bisa dilakukandari membuat tanda yang sederhana ini.

Sejak kapan umat Katolik membuat tanda salib? As long as the Church has existed. Bahkan banyak dapat ditemukan catatan-catatan dari umat Gereja Perdana dari abad-abad awal (Gereja Katolik) yang menunjukkan bahwa mereka sudah memiliki kebiasaan membuat tanda salib ini.

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top