#TanyaKrismapedia

Pengajaran mengenai Malaikat dapat dibaca dalam Katekismus Gereja Katolik.
KGK 328 Bahwa ada makhluk rohani tanpa badan, yang oleh Kitab Suci biasanya dinamakan “malaikat”, adalah suatu kebenaran iman. Kesaksian Kitab Suci dan kesepakatan tradisi tentang itu bersifat sama jelas.

KGK 329 Santo Agustinus mengatakan: “Malaikat’ menunjukkan jabatan, bukan kodrat. Kalau engkau menanyakan kodratnya, maka ia adalah roh; kalau engkau menanyakan jabatannya, maka ia adalah malaikat” (Psal. 103, 1, 15). Menurut seluruh keadaannya malaikat adalah pelayan dan pesuruh Allah. Karena “mereka selalu memandang wajah Bapa-Ku, yang ada di surga” (Mat 18:10), mereka melaksanakan firman-Nya dengan mendengarkan suara firman-Nya”(Mzm 103:20).

KGK 330 Sebagai makhluk rohani murni mereka mempunyai akal budi dan kehendak; mereka adalah wujud pribadi Bdk. Pius XII: DS 3891. dan tidak dapat mati. Bdk. Luk 20:36.. Mereka melampaui segala makhluk yang kelihatan dalam kesempurnaan. Cahaya kemuliaannya membuktikan itu Bdk. Ul 10:9-12.

Maka kodrat mereka sebenarnya adalah makhluk spiritual / roh yang tidak mengacu pada gender tertentu. Malaikat menunjukkan jabatan bahwa makhluk spiritual tersebut adalah pelayan Allah.

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top