#TanyaKrismapedia

Keduanya berasal dari akar kata yang sama dan bisa saja pakai kata yang manapun.

Kata aslanya yaitu, “Halleluya” (tulisan aslinya הללויה ) berasal dari bahasa Ibrani. Di Bait Allah pada zaman itu, pemimpin ibadat biasa berseru, “Hai, kamu sekalian, pujilah …” Dalam bahasa Ibrani, seruan itu dibaca hallelu. Yang menjadi sasaran pujian adalah Tuhan, yang dalam bahasa Ibrani adalah nama Yahweh, yang disebut sepenggal pertama saja sebagai Yah.

Jadi seruan Halleluya berarti “Hai kamu sekalian, pujilah Tuhan!”.

Älleluia” (Alleluya, Aleluya) adalah transliterasi Latin dari kata dalam bahasa Ibrani itu supaya bisa dibaca oleh orang yang mengenal huruf latin seperti kita sekarang ini.

Tiap kali kita berseru Alleluia, sebenarnya kita mengatakan sebuah janji, “Apa pun pengallaman hidupku, apa pun yang telah dilakukan oleh Tuhan, apakah doaku dikabulkan atau tidak oleh Tuhan, aku akan tetap mengagumi Tuhan yang Mahakuasa yang melampaui kemampuanku untuk memahami-Nya.” Singkatnya, Alleluia bukanlah seruan mudah. Kata ini adalah sebuah seruan penuh komitmen batin untuk selalu terpesona pada Tuhan.

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top