#TanyaKrismapedia

Ini adalah sebuah mitos. Gereja TIDAK membunuh Galileo Galilei. Tapi, apakah dulu Gereja sempat berselisih dengan Galileo karena teorinya? Iya, betul.

Dalam kasus Galileo ya Gereja Katolik : ada kesalahan dari 2 belah pihak pada saat itu. Galileo merumuskan teori heliosentris (matahari sebaga pusat dari alam semesta) namun demikian, Galileo saat itu tidak dapat memberikan bukti empiris yang kuat tentang teorinya. Gereja Katolik memang tidak langsung menyetujui teori yang ia kemukakan, tapi meski demikian awalnya sangat terbuka dan antusias mendukung penelitiannya. Karena Galileo tidak dapat memberikan bukti dan akhirnya terjadi perselisihan paham yang ribet, Gereja takut malah menyebabkan kebingungan pada umat, Gereja melarang Galileo mengajarkan teori itu. Dalam perjalanan waktu, Gereja belajar untuk lebih bijaksana dalam bertindak, bahkan Gereja berusaha untuk memulihkan nama Galileo dewasa ini. Paus Yohanes Paulus II memberikan pernyataan maaf resmi terhadap perlakuan Gereja waktu itu thdp Galileo dan berniat mendirikan monumennya di Vatikan. Sekarang ini terbukti bahwa teori Galileo juga tidak sepenuhnya benar, karena kita tahu, matahari juga bergerak mengitari galaksi Bima Sakti.

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top