#TanyaKrismapedia

Ini juga adalah mitos!, seperti berpuasa.

Cerita ini tidak sepenuhnya benar dan lebih banyak karena orang salah paham. Untuk lebih paham mengenai ini, iman Katolik mengajarkan soal hubungan antara pengakuan dosa dan indulgensi.

1. Dosa HANYA diampuni melalui Sakramen Tobat atas jaminan Yesus (Yoh 20:22-23).
2. Dosa memiliki dampak pada jiwa kita meski telah diampuni, jiwa kita punya bekas luka yang butuh dipulihkan lewat tindakan kita sendiri, seperti berpuasa, belajar hal-hal tentang iman, dsb.
3. Indulgensi merupakan praktik sebagai silih untuk memulihkan jiwa kita dari dampak dosa tersebut. salah satunya adalah tindakan amal kasih dengan cara berderma (sebenernya terserah derma apa aja ngga harus di Gereja).
4. Zaman dulu, ada kebutuhan yang memerlukan biaya cukup besar dalam Gereja Katolik.
5. Orang-orang yang menyalurkan derma bagi Gereja memenuhi syarat untuk memperoleh indulgensi, karena ini merupakan tindakan amal kasih.
6. Biasanya setelah memberi derma ada diberi bentuk lembaran (kalu kayak kita sekarang ini, mirip kupon sumbangan Palang Merah Indonesia yang lembaran2 gitu kira2).
7. Kupon itulah yang dikira surat yang dapat menghapuskan dosa, padahal BUKAN.. kita mesti udah ngaku dosa dulu, dan berderma sebagai silih.

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top