#TanyaKrismapedia

Dalam konteks Alkitab, dosa menghujat Roh Kudus adalah menuduh pekerjaan Roh Kudus sebagai pekerjaan roh jahat, padahal sadar dan tahu banget itu adalah karya Roh Kudus. (Markus 3:20-30, Matius 12:22-32). Menyamakan Roh Kudus dengan roh jahat itu sama saja dengan menolak karya Roh Kudus.

Di Katekismus Gereja Katolik, Roh Kudus dihubungkan pula dengan Kerahiman Allah. Roh Kudus selalu mendorong kita untuk bertobat. Maka, Katekismus Gereja Katolik 1864 bilang gini: “… Kerahiman Allah tidak mengenal batas; tetapi siapa yang dengan sengaja tidak bersedia menerima kerahiman Allah melalui penyesalan, ia menolak pengampunan dosa-dosanya dan keselamatan yang ditawarkan oleh Roh Kudus. Ketegaran hati semacam itu dapat menyebabkan sikap yang tidak bersedia bertobat sampai pada saat kematian dan dapat menyebabkan kemusnahan abadi.”

Jadi praktisnya, dosa menghujat Roh Kudus juga menolak dorongan Roh Kudus untuk bertobat, sampai bahkan menolak pengsmpunan itu sendiri. Kalo nggak mau bertobat dan nggak mau terima pengampunan, ya mana bisa diampuni. Jadi ini bukannya Tuhan yang nggak mau mengampuni, tapi manusia yang dengan sengaja menolak tawaran pengampunan Allah.

Kategori

REKOMENDASI

Min, kenapa Paskah identik dengan telur?

Telur Paskah berkembang dari tradisi-tradisi lokal yang menghubungkan telur dengan Paskah. Agak sulit mengetahui pastinya dari mana. Sebagai contoh di waktu silam, ada daerah-daerah tertentu dimana penduduknya punya kebiasaan saling

Go to Top